4 Keunggulan SOHO Dibanding Ruko dan Rukan

January 01, 2020

Unit-unit komersial-tinggal dikatakan menjadi salah satu proyek properti yang saat ini sangat populer dikembangkan seperti halnya properti hunian. Jika dahulu tipe ini hanya berkisar pada jenis rumah toko (ruko) atau rumah kantor (rukan) saja, saat ini tipe properti tersebut ditambah dengan tipe small-office home-office (SOHO). 

Secara konsep, SOHO mengkolaborasikan tempat tinggal dan ruang untuk bekerja atau membuka usaha sama seperti ruko dan rukan. Hanya saja, jika ruko dan rukan dikembangkan dalam jenis bangunan tapak, SOHO dikembangkan dalam bangunan vertikal selayaknya apartemen atau gedung perkantoran.

Dari kesamaan fungsinya, banyak orang yang salah mengira jika tidak ada bedanya dalam memilih SOHO yang masih tergolong baru dengan kedua unit komersial sebelumnya. Padahal jika ditelusuri lebih mendalam, SOHO lebih unggul dibanding keduanya. Apa saja kiranya faktor yang membuat SOHO lebih unggul dibanding ruko dan rukan? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini!

 

Lokasi Strategis di Tengah Kota

Dalam beberapa tahun terakhir, beragam developer properti di Indonesia mulai banyak mengembangkan properti berjenis small-office home-office di tengah kota-kota besar. Selain lebih bergengsi, lokasi ini ditujukan guna memberikan kemudahan mobilisasi pemiliknya untuk mengakses kawasan-kawasan perkantoran atau bisnis utama. Sebut saja apartemen SOHO Pancoran yang berdekatan dengan kawasan Kuningan, MT Haryono, Gatot Subroto, dan Sudirman.

 

Fasilitas Lengkap

Berbeda dengan ruko dan rukan yang memiliki keterbatasan fasilitas, SOHO ditunjang dengan beragam fasilitas berkelas. Mulai dari penyediaan fasilitas tempat meeting besar yang dapat digunakan hanya dengan mengajukan ke pihak pengelola, hingga fasilitas entertainment dan refreshment di dalam area bangunan.

 

Pemeliharaan Murah dan Aman

Seperti halnya hunian vertikal, terdapat biaya service saat memiliki SOHO. Saat membayarnya, para pemilik langsung bisa mendapatkan fasilitas renovasi dan pemeliharaan/perawatan dari pihak pengelola bangunannya. Dilansir dari data portal properti global, Lamudi.co.id, beban biaya service SOHO saat ini juga tergolong relatif lebih murah dan terjangkau.

Pemeliharaan juga berkaitan dengan keamanan unit-unitnya. Pihak pengelola juga memastikan setiap ruang terjamin keamanannya. Mulai dari akses pribadi untuk menuju ruang, hingga pengelolaan keamanan satu pintu seperti halnya gedung perkantoran menjadikan SOHO lebih aman untuk tinggal dan membuka usaha.

 

Lebih Menarik untuk Kalangan Ekspatriat

Ini adalah keunggulan kunci dari memiliki SOHO dibanding memiliki ruko dan rukan untuk sektor investasi. Jika melihat negara-negara di luar Indonesia seperti misalnya Amerika, Australia, Jepang, Korea, dan negara-negara eropa lainnya, tipe properti ini sudah banyak dikembangkan dan tergolong diincar masyarakat disana.

Bagi ekspatriat yang bekerja dan berbisnis di Indonesia, properti ini sudah lama didamba oleh mereka sebagai opsi bermukim dan berusaha. Dikarenakan SOHO ini masih merupakan komoditas properti yang langka, hal ini yang membuat permintaan sewa pada properti tersebut paling tinggi jika dibandingkan harus menyewa dua unit komersial tapak yang fungsinya sama.